Review Mixer IDEALIFE Terbaru Professional Stand Mixer Berdiri IL 221s | Bikin Bolu Gulung Super Simple

Bagaimana performa IDEALIFE professional stand mixer / mixer berdiri il 221s ? Beberapa waktu lalu aku sempat buat reviewnya di Youtube untuk buat ice cream, kue kering dan roti disini.


Trus ada subscriber komen : kenapa bolu yang mereka buat pakai mixer ini selalu bantat, sudah coba berkali-kali tetap bantat.


Karena aku orangnya kepoan 🤣 so aku buat bolu gulung pakai mixer IDEALIFE professional stand mixer / mixer berdiri il 221s ini hehehe..


Hasilnya thx God sukses kok.. Bikin orang orang rumah ketagihan.. *helpp timbangan kami 🤣.


Ini dia fotonya, aku buat versi mini ya



Kira-kira kenapa ada yang buatnya jadi bantat, aku jelasin dibawah ya.. Semoga bermanfaat.


Sebelumnya buat yang belum kenal mixer IDEALIFE professional stand mixer / mixer berdiri il 221s ini aku kenalin yah. 🙂


Sesuai namanya mixer IDEALIFE professional stand mixer / mixer berdiri il 221s ini dibuat oleh brand IDEALIFE yang sudah terkenal dan memenangkan banyak penghargaan yah..



Aku suka sama Professional Stand Mixer IL-221S karena punya kelebihan :


1. Praktis
- Bisa kerja otomatis, setelah waktu proses dan tingkat kecepatan kita set sesuai keperluan kita bisa tinggal lakukan pekerjaan yang lain gak mesti ditungguin atau di pegangin terus hehe.. gak seperti mixer tangan yah..
- Punya 6 level kecepatan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita.
- Punya 3 jenis pengaduk whisker, beater dan hooked bisa kita pilih sesuai dengan jenis adonan yang kita olah.
- Punya layar LCD untuk tampilkan waktu proses dan tingkat kecepatan
- Punya splash cover dengan jendela, bebas cipratan adonan, cukup buka jendelanya dan masukan bahan yang perlu ditambah.


2. Aman:
- Bowl dan pengaduknya terbuat dari bahan food grade.
- Dilengkapi dengan Overheat Protection, ketika tanpa sengaja mesin terlalu panas dia akan mati otomatis tapi gak rusak. Saat kembali dingin kita bisa gunakan.
- Punya sucker  (anti slip feet) dibagian bawah jadi saat digunakan mesinnya stabil gak geser.


3. Kokoh
* Terbuat dari lapisan stainless stell jadi tahan karat.
* Gearnya dari logam sehingga lebih kokoh dibandingan gear plastik yang bisa pecah ketika olah adonan.
* Kuat proses adonan roti hingga 1200 gr tepung + 700 ml Air.


4. Nyaman dipakai
* Suara proses tidak berisik.
* Mixer tidak berat.
* Ukuran bowl pas untuk keperluan keluarga.
* Mudah dirakit.
* Mudah dibersihkan.

Mungkin untuk detail produk akan lebih tergambar jelas di video youtube saya ini yah 🙂.

 


Kemarin saya buat bolu dengan resep sebagai berikut :



Bahan 1:
13 btr Kuning telur
7 sdm gula bubuk, aku pakai gula biasa yang di blender seperti ini 
1 sdt Cake emulsifier

Bahan 2
3 sdm tepung terigu protein sedang
1 sdm tepung maizena
1 sdm susu bubuk full cream

Bahan 3 : 
150 gr margarin lelehkan

Cara buat :




1. Mixer 13 btr Kuning telur, 7 sdm gula bubuk, aku pakai gula biasa yang di blender seperti ini ,1 sdt Cake emulsifier sampai mengembang dan kental dengan mixer IDEALIFE professional stand mixer / mixer berdiri il 221s. 

Gunakan pengaduk whisker dengan kecepatan paling cepat (kecepatan 6, awali sebentar dengan kecepatan 1 dst dimenit ke 2 sudah di kecepatan 6 yah).




Kenapa aku pakai gula bubuk? Agar lebih cepat larut dan gak berbutir-butir di dalam ya. Adonan yang berbutir-butir membuat bolu jadi gak mulus dan kurang enak rasanya.


Pastikan semua bahan sudah tercampur rata, cek dengan menyapu dasar dan sisi mixer menggunakan spatula silikon ketika mesin masi bekerja ya. Sapu juga adonan yang ada di tengah whisker dengan spatula setelah selesai proses ini.


2. Ayak Bahan 2 ( 3 sdm tepung terigu protein sedang, 1 sdm tepung maizena,1 sdm susu bubuk full cream ), haluskan yang berbutir-butir.

Turunkan kecepatan mesin jadi 1-2 saja, masukan ayakan bahan 2 ke dalam mixer bertahap dan menyebar.


Pastikan tercampur rata, cek dengan menyapu dasar dan sisi mixer menggunakan spatula silikon ketika mesin masi bekerja ya. Sapu juga adonan yang ada di tengah whisker dengan spatula setelah selesai proses ini.


3. Ketika bahan 1 dan 2 sudah rata, masukan margarin lelehnya.


Pastikan margarin leleh bersuhu ruang yah gak panas lagi.

Gunakan mixer kecepatan 1 atau aduk pakai spatula saja, gunakan metode taut balik yah agar adonan gak turun. Buat teman-teman yang mungkin belum paham cara aduk taut balik aku bikin video buat bolunya disini yah.

Setelah tercampur rata, cek dengan menyapu dasar dan sisi mixer menggunakan spatula silikon yah. Jika gunakan mixer, sapu jiga adonan yang ada di tengah whisker dengan spatula setelah selesai proses ini ya.


Saatnya panggang hehe..


4. Gunakan loyang yang lebar tetapi tidak telalu dalam agar mudah digulung ga pecah, kemarin aku pakai loyang kecil tapi dua buah karena oven aku juga kecil hehehe..

Dengan resep ini aku pakai loyang ukuran 25x25 2 buah, ketinggiannya 5 cm tetapi cuma aku isi 1.5-2 cm saja yah..

Kita bisa gunakan kertas roti dioles margarin dibagian dasar loyang atau margarin ditabur tepung agar bolu gak lengket ke loyang. Aku pilih opsi dua karena kertas rotinya abis 🤣. 

Kertas roti membuat tampilan bolu lebih rapi dan bersih bebas taburan tepung. Coba zoom foto bolu gulung aku diatas, ada serpihan taburan tepung kann wkwk..




4..Ok lanjut, setelah adonan dituang ke loyang pastikan kita hentak-hentak agar gelembung keluar dan adonan rata.



Masukan ke oven yang sudah dipanaskan selama 20 menit di suhu 180 der cel, panggang selama 15-30 menit tergantung oven kita masing-masing ya. 


Untuk amannya setelah 15 menit cek berkala kematangan bolu dengan tusuk sate, jika ada bagian yang tertempel saat ditusuk tandanya bolu belum matang.

Selama proses panggang, ketika keluar gelembung udara segera tusuk pakai tusuk sate ya agar tampilan bolu mulus hehe.


5. Setelah bolu matang, keluarkan dari oven dan potong sisinya pakai pisau.


Keluarkan dari loyang dengan membaliknya di atas lap bersih, gulung perlahan. Tekuk lap sisi kanan dan kiri, biarkan gulungan bolu jadi set.


6. Beberapa jam kemudian buka gulungan bolu, beri filling sesuai selera.


7. Hias dan potong sesuai selera.





Ok balik lagi soal bolu yang bantat pakai mixer IDEALIFE professional stand mixer / mixer berdiri il 221s, kemungkinan kesalahannya adalah :

1.  Telur tidak di kocok sampai mengembang, mungkin karena :

* jumlah telur terlalu sedikit, kalau saya coba paling gak jumlah adonannya 500 ml ya.

* jenis pengaduk yang digunakan keliru

* tidak rata adukannya karena lupa disapu pakai spatula.

* masi ada gelembung yang terjebak didalam sana, jangan lupa aduk pakai mixer kecepatan rendah saat masukan tepung dan hentak-hentakan loyang berisi adonan sebelum di panggang ya.

2. Pengadukan yang keliru.

Saat memasukan margarin cair hindari aduk muter muter kanan kiri cepat banget kaya bikin kopi ya hehe.. Nanti adonannya jadi kempis dan bantat.

Gunakan teknik taut balik, aduknya mutar dari bawah ke atas, kita sapu bagian dasar agar ke atas, pelan-pelan saja dan jangan terlalu lama. Pastikan adonan rata ya.

Kalau cara saya tetap pakai mixer kecepatan rendah dan di cek ratanya adonan dengan menyapu dasar dan sisi mixer menggunakan spatula silikon yah.

Ok teman-teman, sekian sharing aku semoga bermanfaat yah.

Instagram : @CatatanMama

Www.instagram.com/catatanmama

Youtube : Catatan Inova Melis

www.catataninovamelisa.co

ma




28 comments

  1. Aku nih, kalau bebikinan sering bantat huhuhu...Kalau punya mixer Idealife begini idaman sekali. Kak Inova sharing resepnya pula. Ku jadi kepo recook jadinya. Keren stand mixer begini, praktis sekali dan yang pasti hasilnya dijamin pasti jadi!

    ReplyDelete
  2. Mixer kaya gini kayaknya impian emak-emak yg doyan nge-baking ya buat keluarga di rumah. Apalagi bow dan pengaduknya dibuat dari bahan food grade. Makin aman buat keluarga.

    ReplyDelete
  3. Duh bikin ngiler bolu gulungnya. Makanan favorit kalo dirumah. Cuma kadang beli aja ditoko kuenya. Dengan adanya mixer ini kayaknya mama dirumah bisa lebih mudah deh membamtu untuk bikin bolunya

    ReplyDelete
  4. salah satu wishlistku pengen banget punya mixer macam IDEALIFE ini mbak, soalnya aku suka bebikinan dan mixer di rumah sudah jadul dan lama sekali, performanya udah beda. jadi kalau buat mixer nggak sebagus dulu, hhh
    pengen nyobain resep bolu gulungnya nih mbak

    ReplyDelete
  5. Duh kak aku beneran ngiler liat mixed keren dari Idealife.
    Aku tuh suka banget bikin roti, pizza hingga donut .semuanya harus pake mixer yang kuat. Sementara aku belum punya nih mixer yang bagus kayak begini. Jadinya kalau mau bikin roti, pizza sampai donat harus ngadon dan mixer sampe berkali-kali karena mixer saya cuma kuat adonan seperempat aja. Hikssss

    ReplyDelete
  6. Keren mbak hasil bolu gulungnya mulus dan gak patah ya pas digulung maulah aku diajarin hehehe ..tapi bener ini mixer dari Idealife wajib punya karena sdh terbukti ya untuk membuat penganan kue yang lezat

    ReplyDelete
  7. Aku nonton video review-nya jadi suka banget Mbak sama mixernya. Kelihatan kokoh dan pemakaiannya easy banget. Ada indikatornya juga yang membuat kita nggak khawatir saat menggunakannya

    ReplyDelete
  8. Sudah kama saya naksir mixer stand gini tapi tidak tahu merek apa yang baik berikut kelebihannya.
    Jadi tahu ada IDEALIFE semoga ada rezeki untuk beli mixer stand gini. Gak pegal jadinya karena tinggal suruh mesin mutar dan ngaduk, he he.

    Senang banget bisa baca teknik memanggang bolu gulung yang tepat soalnya belum pernah bikin ginian. Jadi tambah ilmu masak meski entah kapan bisa praktik karena belum punya perlengkapannya. He he.

    ReplyDelete
  9. Mixer impian ini mah. Memudahkan bikin macem². Tampak yummy bolu gulungnya kak

    ReplyDelete
  10. Saya gak begitu telaten kalau bikin kue. Tetapi, anak saya yang perempuan hobi banget. Makanya saya suka beli beberapa peralatan baking buat nyenengin dia. Idealife tuh bagus-bagus produknya. Seandainya saya punya mixer ini, yakin deh anak saya bakal seneng banget.

    ReplyDelete
  11. Mupeng banget ih liatnya itu teksture kuenya ok banget kaya kue yang banyak di jual. Aku tuh pengen sebenarnya belajar baking cuma takut gemuk karena kebanyakan kue2an hahaha soalnya aku suka banget kue2an.

    ReplyDelete
  12. Ya ampunn jadi pengen baking. Apalah daya gapunya mixer kwkww. Jadi salah satu wishlist nih nantii

    ReplyDelete
  13. gak berisik? wah keren banget nih!! bisa-bisa setiap hari ada aja bikin baking baru, cemilan buat anak-anak di rumah

    ReplyDelete
  14. wahhha mba keliatan banget ya enaknya, mau bolunya hehehe, btw kayaknya emang bagus banget ya kualitas produknya, wajib punya niy di rumah kalau suka masak

    ReplyDelete
  15. Duhh cantiknya si bolu gulung... Udah mengembang sempurna dengan mixee Idealife terbaru, bikin mommies makin rajin bikin camilan keluarga yaa.. ehh bs buat usaha juga nihh

    ReplyDelete
  16. Bikin kue makin mudah ya mbak. Apalagi buat emak-emak yang maunya praktis,gak ribet. Mantep nih buat teman baking

    ReplyDelete
  17. Mixer Idealife dengan 6 tingkat kecepatan? Wuiih bikin macam macam bisa nih.

    ReplyDelete
  18. dengan kecanggihan alat dan teknologi di industri roti dan cake, segala jenis sekarang bisa dibuat sendiri dengan mudah dirumah. menyenangkan sekali

    ReplyDelete
  19. Kalo yang jagonya bikin bolu bantat melulu (aku, misalnya :D), pakai mixer ini bisa bikin bolu gulung dan bolu-bolu lainnya yang empuk menul-menul nggak ya, Mbak?

    ReplyDelete
  20. Uwaah punya mixer kek gini bakalan rajin baking ngga yaa? Hihi. Tp punya alat mumpuni itu bisa bikin semangat sih emang

    ReplyDelete
  21. Duh ya ampunnn itu mixer menggoda banget, kebetulan mixer aku rusak karena keseringan dipake pas awal pandemi..huhu.. jadi pengen kudu banyak nabung nih...

    ReplyDelete
  22. Semakin mudah ya bikin kue, praktis dan terbantu banget, kayaknya enak jadi mau coba bikin juga hehe

    ReplyDelete
  23. bagus banget deh ini mba mixernya, jadi bikin pengen bebikinan kue terus ya jadinya hihi or malah buka usaha cake n bakery

    ReplyDelete
  24. Hasilnya keren banget mbak roti nya, btw saya suka dengan mixer yang nyaman seperti ini. Apalagi bisa membantu selama proses buat kue ya kk. Btw bolu ini mau coba di rumah dengan resepnya.

    ReplyDelete
  25. Ini mixer yang sangat worth it pokoknya, gk kalah saing yang pastinya kualitas dijamin dah. Apalagi dengan sentuhan modernnnya

    ReplyDelete
  26. serius deh kalo mixernya cakep gini sih, otak bisnisku langsung berjolak, hahaha bikin usaha cakery/bakery oke tuh kayanya hahahha

    ReplyDelete
  27. time you will save by using a piece of machinery, you will find it takes one person operating the machine less than 10 minutes to do what used to take 20 without the machine. vegetable chopper for indian cooking

    ReplyDelete

Popular Posts