Aneka Manfaat Buah Lemon


Apa sih manfaat lemon untuk kita? Kami termasuk salah satu keluarga yang merasakan banget manfaat lemon teman-teman, berikut pengalaman kami.



Halo teman-teman, semoga semua sehat dan sukacita ya. Beberapa waktu lalu aku share tips belanja lemon murah 1 kg cuma 12000 aja disini.

Trus banyak yang tanya, apa sih manfaat konsumsi lemon? Kok belinya banyak bener heheh 😄.

Dari pengalaman kami selama sekitar 5 tahun ini, ini dia manfaat lemon yang kami rasakan :


1. Lancarkan pencernaan.


Konsumsi 1/2 biji air lemon dalam 1 gelas besar air hangat dipagi hari,  terbukti membuat pencernaan kami lebih lancar. BAB kami jadi teratur, perut terasa lebih ringan dan nyaman seharian. Hmm sebagai catatan saya dan paksu punya sakit maag, jadi kadang perut kembung gak enak.


Lemon memang asam, tapi sifatnya menjadi basa ketika masuk ke tubuh kita. Tetapi, perlu dicatat setelah sekitar 1/2 jam minum air lemon kami wajib makan ya.. Makanannya boleh buah dulu, ikut diet food combining, atau langsung makan berat. Kalau gak makan dalam waktu lama, perut bisa jadi sakit karena enzim pencernaan sudah aktivkan oleh air lemon.. 


Begitu kira kira penjelasan para ahli yang saya rangkum hehe.. Kami percaya kata mereka ini, karena memang merasakan efeknya sendiri 😉.


2. Cerahkan Kulit


Gak hanya lewat minum Lemon bantu kulit lebih cerah karena kaya vitamin C, tetapi juga sebagai masker 😉. Selain kulit lebih cerah, menggunakan lemon sebagai masker membuat komedo saya luntur hehehe.. 


Hati hati kena mata ya, kalau kulit sensitif kaya kulit saya,  konsentrasi lemonnya sedikit saja ya..


3.  Tingkatkan Rasa Makanan


Beberapa jenis makanan jadi lebih lezat diberi lemon, misalnya cake lemon, pudding buah, masakan ikan, salad dll.


4. Turunkan Berat Badan


Haa banyak tu yang sebarin info "gak bener lemon turunin BB", iya kami setuju lemon memang tidak bekerja seperti sabun cuci mama lemon yang mengangkat lemak di piring 😄.


Tetapi di air + lemon yang rendah kalori membantu kita terhidrasi baik, sehingga kita selamat dari rasa haus yang sering menyamar jadi lapar palsu.


Meningkatkan metabolisme, air yang cukup bantu metabolisme (pembakaran lemak jadi energi) lebih mudah. Di lemon mengandung polifenol antioksidan yang bantu atasi radikal bebas akibat metabolisme.

Pengalaman saya sendiri turun sekitar 20 kg setelah melahirkan anak-anak 😜.


5. Cegah sakit jantung, kanker dan ginjal.


Vitamin dan ponifenolnya membantu tubuh kita terlindungi dari sakit serem ini. Iya si saya mulai senang dengan lemon setelah mesti menjalani operasi tumor PD, dokter info saya mesti rajin makan buah dan sayur segar termasuk lemon.


Thx God awal tahun kemarin aku cek tumor gak tumbuh lagi.. 😊🙏.


Bagaimanapun konsumsi lemon gak boleh terlalu banyak ya teman-teman, kl kebanyakan bisa sakit perut dan gigi jadi rapuh.


Biasanya saya dan suami konsumsi lemon 1/2-1 butir perhari per orangnya, sudah termasuk yang di campur air atau di makanan ya..


Jangan kuatir lemon termasuk buah yang awet, dia bisa bertahan baik di chiller 1-2 minggu bahkan bisa sebulan jika lemon import 🙂.


Ok sekian sharing saya..
Semoga bermanfaat yah.

Instagram : @CatatanMama

Www.instagram.com/catatanmama

Youtube : Catatan Inova Melis

www.catataninovamelisa.com





13 comments

  1. Wah ternyata buah lemon punya banyak manfaat ya sampai bisa mencegah sakit
    jantung juga. Selama ini taunya buat turunkan berat badan dan cerahkan
    kulit aja.

    ReplyDelete
  2. banyak banget ya manfaat dari buah lemon. sejauh ini aku baru pakainya untuk di muka aja, biar jerawat pada kabur.. hihi

    ReplyDelete
  3. aku rutin sih kak, konsumsi buah lemon pagi hari, ambil airnya saja, dua sendok dicampur madu saat bangun tidur. Rasanya sehat dan nyaman dibadan

    ReplyDelete
  4. Lemon memang sangat bagus sebagai konsumsi harian, tapi terbatas jumlahnya. Sayang gigi dan lambung. Tapi saya jarang konsumsi buah yang satu ini. Sulit cari, mahal dan tidak terlalu suka asam. Hihihi

    ReplyDelete
  5. Memang mantap banget khasiatnya ya.. cocok dong ini buatku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi yang untuk point nomor 5. Utk cerahkan kulit, ogah aku.. kulitku sensian. Nanti malah iritasi.

      Delete
  6. Aku rutin minum perasan lemon pakai madu rasanya enak ke badan, engga naek lagi nih berat badan...

    ReplyDelete
  7. Kandungan buah lemon yang bermanfaat bagi tubuh memang bagus. Cuma kadang daku kurang berani misalnya konsumsi lemon sebelum makan nasi, karena punya gangguan lambung

    ReplyDelete
  8. Aku merasakan bgt manfaat lemon buat detoks dan kulit. Jadi lebih segar dam fit juga badan, dan ngga mudah jerawatan.

    ReplyDelete
  9. Banyak banget ya manfaat lemon. Pengen juga rutin konsumsi lemon, tapi sekarang belum bisa.. akhirnya sementara konsumsinya diganti jeruk nipis,wkwk.

    ReplyDelete
  10. Beberapa bulan lalu aku sering dan hampir tiap hari kayaknya konsumsi lemon. Beberapa minggu terakhir ini aja jarang karena yg jual lemon udah ngga jualan lagi huhu, sedihh. Manfaatnya bagus bangett emang. Seger di badan. Kerasa bangeet bedanya

    ReplyDelete
  11. Aku tertarik yang turunkan berat badan nih ^^ secara berat badanku sedah melebihi batas normal huhuhu cuma ya itu hanya seledar niat. udah hectic dah lupa lagi dehh

    ReplyDelete
  12. Wah aku lagi males minum ekstrak lemon nih, tapi abis baca ini aku jadi mau semangat ah minumnya. Makasih ya kak.

    ReplyDelete

Popular Posts