Manfaat Tempe Bagi Kesehatan


Halo teman-teman, semoga semua dalam keadaan sehat dan sukacita ya..

Kali ini saya mau sharing hasil pembelajaran dan pengalaman saya tentang manfaat tempe ya. Walaupun tempe merupakan makanan yang suka disepelekan, ternyata tempe punya banyak sekali manfaat kesehatan lo.. Ini dia teman-teman :
.
1. Sumber protein rendah lemak.
Tetapi ini tergantung cara olahnya juga ya hehehe.. Kalau di balado dengan digoreng dulu, trus dikasi sambal berminyak gini sih 11-12 sama dengan dendeng sapi balado hihihi.. Tetapi kalau di kukus atau di kuah akan jauh lebih sehat ya 😉.
.
2. Sumber kalsium.
Ternyata tempe menggandung kalsium tinggi lo, buat teman-teman yang alergi susu sapi bisa menggantinya dengan susu kedelai juga.
Susu kedelai bisa kok gak berbau langu, tips dan cara buatnya disini yah. Tenang bukan dibuat dari tempe kok heheh 😄.
.
3. Kaya dengan vitamin B12.

Vitamin B12 bagus sekali untuk membantu metabolisme sel dan kesehatan sistem syaraf. Bisa bikin langsing juga lo.. 😄 Tentunya kalau diimbangi diet rendah kalori ya.. Jadin kalau susu kedelai gulanya di skip aja.
.
4. Sumber Antioksidan.
Ternyata kedelai juga mengandung banyak antioksidan yang bagus untuk mencegah kerusakan sel dengan melawan radikal bebas. Efeknya diantaranya bikin awet muda dan cegah kanker hehe..
.
5. Sumber Probiotik.
Beberapa tahun lalu ada anak teman aku yang sering banget diare, trus dokter menganjurkan untuk memasukan tempe sebagai diet makanannya. Dan benar anak tersebut jadi bebas diare 😍. Tempe membantu agar daya tahan tubuh kita dan pencernaan kita jadi lebih baik.
.
6. Mengandung Isoflavon dan Serat.
Ternyata oh ternyata tempe juga kaya serat sehingga membantu kenyang lebih lama.
Cocok untuk diet orang supaya langsing dan diet orang sakit diabetes.

Isoflavon bersifat estrogenik mengatur kadar estrogen dalam tubuh, sehingga bagi wanita bagus untuk cegah osteoporosis. Selain itu isoflavon juga bantu metabolisme energi.
.
Ckckc ternyata banyak ya manfaat konsumsi tempe hehe..  Yuk teman-teman kita makan tempe 😍. 

.
Ok sekian sharing saya.. semoga bermanfaat..
. .
Best Regard
Instagram : @CatatanMama
Youtube : Catatan Inova Melisa
www.resepinovamelisa.blogspot.com.
.

No comments

Popular Posts