Cara Terbaik Makan Buah


Makan buah paling bagus itu di juice, slow juicer, kunyah langsung atau diolah ya ? Mana yang lebih baik dan lebih sehat?


Halo teman-teman semoga teman-teman dan keluarga dalam keadaan sehat selalu ya.. 🤗. Mungkin pertanyaan diatas yang sedang ditanyakan oleh teman-teman?
.
Ok, kali ini saya mau sharing hasil rangkuman saya tentang Cara Terbaik Makan Buah : di juice, di slow juicer , di kunyah langsung dan di olah yah..
.
Semoga bisa diambil manfaatnya yah 😉.

1. Buah di Blender atau di Juice 

Buah di bersihkan, di potong kemudian dihaluskan bersama air menggunakan mesin blender atau juicer. Kita bisa menambahkan gula atau susu disini.

Kelebihannya buah disajikan dengan di blender atau di juice adalah rasanya makin enak, kita bisa mendapatkan tambahan cairan dan asupan serat, cara konsumsinya juga relatif simple hanya di minum tanpa ribet kunyah gigit hehe..

Kekurangannya buah disajikan dengan di blender atau di juice  adalah kenaikan gula darah ( dari gula buah dan gula tambahan ) ke dalam tubuh kita cepat sehingga memberatkan kerja pangkreas dan kurang baik bagi penderita diabetes. Buah yang disajikan dengan diblender atau di juice tidak tahan lama, mesti cepat dikonsumsi agar gizinya tidak banyak hilang.

2. Buah di Slow Juicer.

Buah dimasukan ke alat press (giling atau tumbuk), kemudian di saring sehingga yang keluar dan dikonsumsi hanya sari buahnya saja.. Ampasnya tersaring dalam alat slow juicer.

Kelebihannya buah disajikan dengan cara di slow juicer adalah mudah dikonsumsi , benar benar hanya di minum tanpa ampas, rasa asli lebih terasa, gizi relatif lebih utuh.

Kekurangannya buah disajikan dengan cara di slow juicer adalah gula buah cepat naik dalam tubuh kita, relatif mahal alatnya, serat banyak terbuang, gizi masi optimal jika buah dikonsumsi dengan cara alami (di kunyah).

3. Buah di Gigit Kunyah Langsung

Buah di konsumsi dalam keadaan sudah dibersihkan, kita gigit dan kita kunyah menggunakan gigi menggunakan bantuan lidah.

Kelebihan buah disajikan dengan cara di gigit dan di kunyah langsung adalah biayanya relatif murah tanpa alat khusus, gizi terolah dan tercerna lebih optimal karena campuran air liur yang optimal (sorry agak jorok 😄) dan kita mendapatkan serat buah yang sehat.

Kekurangannya buah disajikan dengan cara di gigit dan di kunyah langsung adalah sulit dilakukan oleh bayi belajar makan dan orang yang punya masalah gigi mulut dan tenggorokan karena perlu gerakan otot ekstra.

4. Buah di Olah Menjadi Aneka Cemilan .

Buah diolah menjadi keripik, kerupuk, manisan, roti, selai, pudding dan lain lain.

Kelebihannya buah disajikan dengan cara di olah menjadi aneka camilan adalah rasa lebih enak, bisa lebih awet dan lebih praktis konsumsinya. Bisa dibawa kemana-mana gak perlu potong-potong, gigit-gigit dan kupas.

Kekurangannya buah disajikan dengan cara di olah menjadi aneka camilan adalah gizi banyak turun, enzim dalam buah relatif hilang, harga relatif lebih tinggi.

Hmm.. Ternyata empat cara makan buah punya kelebihan dan kekurangan masing-masing ya teman-teman..

Mana cara terbaik makan buah sangat tergantung pada keinginan dan kebutuhan kita yah.. 😉. Ok sekian rangkumannya, semoga bisa diambil manfaatnya.

.
Best Regard
Instagram @catatanmama
Facebook : Catatan Inova Melisa
Youtube :  Catatan Inova Melisa
www.catataninovamelisa.com
.

No comments

Popular Posts